Minggu, 08 Januari 2012

Seminar Menggila


Berhubung sekarang masih nuansa liburan tahun lalu, gue jadi inget sesuatu yang gue alami satu tahun lalu tepatnya waktu gue lagi liburan tahun baru(nggak kayak tahun ini, tahun lalu kondisi kantung gue cukup tebel). So, gue putusin liburan ke Malang sekalian ngunjungi kakak gue Tya ma Dana yang kebetulan kuliah di PTN negri di Malang.
Sebenernya banyak hal yang seru yang gue lakuin disana, juga ngunjungi tempat-tempat yang tak terduga banget. Saking tak terduganya gue malah nyasar di tempat ini “Ruang Kuliah Dana” Tepatnya kalian pasti nggak bakal ngira! Gue jadi salah satu peserta dalam seminar ujian apa gitu, gue lupa namanya, yang jelas kakak gue Dana ada di depan siap buat presentasi hasil magangnya dia. Trus di depan Dana udah ada dua dosen yang bakal jadi penguji dan di belakang si dosen duduklah gue dan beberapa orang audiens yang ternyata adalah temen-temen Dana.
Lo bisa bayangin waktu itu gue kelas dua SMA yang masih unyu banget, harus duduk di antara para mahasiswa yang rata-rata udah semester 7 atau 8 gue nggak tau pasti yang jelas gue STRESS!!!
Yang gue kenal di ruangan itu cuma Maya, Pacarnya Dana. Yah gue mau aja ikut acara itu, sekalian gue juga mau liat suasana kampus setelah beberapa hari ini udah bosen keliling Malang. Lumayanlah pengenalan lingkungan kampus buat gue.
Namun sekitar 10menit sebelum seminar Dana nyamperin gue. Dia nyuruh gue ma Maya buat nanya ke dia tentang materi yang bakal dia sampai’in.
Dana  : May, Q, ntar kalo ada sesi tanya jawab kalian coba buat tanya ke aku ya.
Maya  : Ok
Gue    : *100%bengong*

Gimana gue nggak bengong kalo Abang gue sendiri minta tolong sesuatu yang absurd banget ke gue. Bayangin aja gue siswa kelas dua SMA nanya ke mahasiswa S1 di saat seminar!!! Gue takut kalo gue maksain nanya pihak universitas perlu panggil ambulans karena gue colaps waktu lagi nyoba ngomong. Tapi gue nyoba ngumpulin nyali buat nyoba nanya. Gimanapun juga dia Abang gue, dan dia lagi butuh pertolongan gue, so gue janji ma diri gue sendiri bakal nyoba bantu.

Anyway sebelum giliran abang gue, ada mahasiswi cewek yang tampil duluan. Nah pas dia buka sesi tanya jawab kira-kira begini:

Moderator   : Ya sekarang kami buka sesi tanya jawab, bagi para audiens yang ingin bertanya kami  persilahkan.
Audiens(Niken)      : Terima kasih kesempatan yang diberikan pada saya. Nama saya Niken, horti 2007. Saya ingin menanyakan bla.. bla.. bla..

Gue yang mengamati sesi wawancara ini kontan GALAU MAKSIMAL!!! Kalo kita mau nanya kita harus sebutin nama dan fakultas kita plus tahun angkatan kita!!! Dan seperti yang kalian tau gue bukan termasuk kategori ‘KITA’ ini!

Setelah sesi tanya jawab audiens dosen juga ikut bertanya dan menyanggah atau memberi tambahan pada mahasiswi tadi. Dan setelah sesi mahasiswi tadi selesai, sekarang giliran Abang gue Dana.

Sumpah ya rasanya hati gue cenat-cenut kayak marmut, jantung gue berdetak lima kali lebih cepat bagai suara marching band sampek gue kira mungkin kalo ada dokter yang nempelin stetoskop waktu itu dia nggak perlu ke diskotek buat ajeb-ajeb.

Anyway, Intinya gue mau kasih tau kalo waktu itu gue NERVOUS MAMPUS!!! Ngeliat Abang gue presentasi di depan sambil pake jas, ngomongnya juga jelas banget. Nggak tega rasanya buat nggak nolongin tanya.

Lagi-lagi masalah baru muncul. Masalah itu adalah “GUE HARUS NANYA APA???” Gila disana lama-lama bisa bikin gue STRESS tingkat mahasiswa pasaca sarajana mau uji tesis. Gue perhati’in audiens di sekitar gue biar nggak makin stress.

Sebagian besar sih lumayan perhatian, tapi ada juga mas-mas yang dari dateng trus duduk dan selanjutnya tidur! Yah bener dia TIDUR!!! Nih orang stress kali ya. Kira-kira tempat dong kalo mau numpang tidur. Gue Cuma bisa geleng-geleng kepala.

Dan waktu gue liat Abang gue lagi di depan, gue nervous lagi. Sementara lagi asik dengerin, Maya nyenggol gue.

Maya  : Q, nanti kamu tanya ini aja ya, bla.. bla.. bla..(saran Maya)
Gue    : *bengong sambil ngiler*

Nih satu lagi orang stress. Trus gimana caranya gue memperkenalin diri??? Kalo gue maksain nanya mungkin dialog yang terjadi akan seperti ini:

Moderator   :Ya sekarang kami buka sesi tanya jawab, bagi para audiens yang ingin bertanya kami  persilahkan.
Gue              : Terima kasih atas kesempatan yang diberikan pada saya. Nama saya Q dari SMA Probolinggo yang ingin saya tanyakan, kamar mandinya dimana ya mbak??
Moderator   : ?!%$#%^$#

Tidak ada komentar: