Rabu, 18 Januari 2012

Telepon


Suatu hari, tepatnya suatu siang, gue dapet teldon yang nggak terduga-duga dari kakak gue yah anggep aja namanya Tya. Dia mahasiswa S2 di salah satu perguruan tinggi negeri di JaTim. Awalnya gue nggak heran waktu dia nelfon karena yah emang dia sering nelfon gue sih.

Tapi buat gue telfon hari itu lebih istimewa daripada sebelumnya. Langsng aja nih cuplikan telfonan gue ma Tya sepanjang ingatan gue:
Tya : Halo dek?
Gue : Ya iyalah ni adek.
Tya : Eh dek, mau minta tolong nih. Bisa gak?

Gue sama sekali nggak curiga Tya mau minta tolong apa. Jadi gue tanpa pikir panjang jawab..
Gue : Ya apa?
Tya : Mau konsultasi masalah tesis nih. Tentang penulisannya gitu tadi dosenku negur bahasaku dalam bentuk tulisan kacau. Bisa bantuin aku nggak?
Gue : *bengong*

Asli gue 100% bengong. Mungkin lo nggak nemuin keanehan dari dialog kakak adik di atas. Tapi kalo lo jeli permintaan Tya tuh absurd banget guys. Lo bayangin aja gue kelas 3 SMA dan dia S2 udah mau ngerjain tesis lagi! Dan dia minta tolong GUE, sekali lagi minta tolong GUE buat bantuin ngerjain tesisnya.

PANIK TINGKAT RT

Gimana kalo gue nggak bisa bantu Tya trus dia marah dan nggak ngakuin gue sebagai adeknya???

PANIK TINGKAT RW !

Gimana kalo nyokap gue tahu kalo Tya minta tolong gue dan gue gagal ngasih solusi, trus akhirnya gue nggak dianggep anak????

PANIK TINGKAT KELURAHAN!!

Gimana kalo akhirnya gue gagal bantuin Tya, dia stress trus memutuskan buat bunuh diri???

PANIK TINGKAT KECAMATAN!!!

Kenapa gue panik jadi bawa-bawa nama wilayah ya?? Nggak tau ah… Akhirnya gue memutuskan untuk dengerin dulu bantuan apa yang di minta Tya dengan hati yang nggak keruan.
Tya : Jadi tadi aku udah konsultasi ke dosenku trus katanya latar belakangku yang bermasalah. Jadi apa yang aku maksud tuh nggak sesuai dengan yang aku tulis.. Gimana yah dek..??
Gue : Emang masalahnya apa?
Tya : *nyeritain masalahnya*

Gue dengerin Tya sambil hati gue galau setengah idup. Sejujurnya gue juga nggak terlalu ngerti tentang masalah yang diceritain Tya. Emang gue udah sering bikin latar belakang buat karya tulis, karena gue emang hobi nulis sih. Tapi ini TESIS sodara-sodara dan TESIS ini yang bakalan jadi penentu Tya bakal lulus ato nggak..

Akhirnya gue nyoba menganalisis permasalahan yang dihadapi Tya dengan mempergunakan sel-sel otak gue yang sebenernya udah jerit-jerit, “Nggak sanggup ngasih solusi nih… Tolong….” Yah mohon maklum otak gue nggak terlalu cemerlang sih. Tapi gue tetep nyoba ngasih teori yang terlintas di otak gue ajah.

Yang bikin gue nggak habis pikir, ternyata Tya bilang solusi gue masuk akal dan bisa digunain.. THANKS GOD!!!! Gue bersyukur banget ternyata kepanikan gue nggak perlu di kuatirin. Tya udah mendapat solusi permasalahannya.

Dari sini gue blajar kalo kita kadang terlalu ngeremehin kemampuan kita sendiri. Kalo kita tulus ngebantu orang lain harusnya kita berusaha dengan sepenuh hati. Nggak peduli siapa yang minta tolong tapi yang perlu kita tingkatin adalah kemampuan kita buat nolongin orang lain.

Jadi kalo kita tulus, pasti kita bakalan di kasih petunjuk untuk menolong orang lain.

See You on next post guys ^_^  

Tidak ada komentar: